output_0fyRz3

doa-amal-shalih-madanitv

Oleh: Abu Misykah Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu ‘Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Setiap kita butuh kepada Allah. Karenanya, kita beribadah kepada-Nya dan berdoa –untuk kebaikan dunia dan akhirat- hanya kepada-Nya. Dan saat minta kepada-Nya (dalam doa) menginginkan segera terkabul. Karenanya, kita harus tahu sebab-sebab untuk istijabah doa.

Di antara sebab supaya doa lebih cepat dikabulkan adalah mengawali doa dengan amal shalih. Sebagian ulama, menyebutkannya sebagai salah satu adab berdoa. Yaitu beramal shalih dengan niat ikhlas terlebih dahulu sebelum berdoa. Sehingga menjadikannya sebagai wasilah (sarana) kepada Allah. Doa semacam ini akan lebih dikabulkan.

Setiap seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan amal shalihnya, maka kecintaan, rahmat, dan ijabah dari Allah lebih dekat kepadanya. Tentunya, adab-adab lainnya juga dijaga; seperti: memuji dan menyanjung Allah serta bershalawat atas Rasul-Nya di awal doa.

Kesimpulan ini berdasarkan firman Allah Subahanahu wa Ta’ala,

إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ

Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya.” (QS. Fathir: 10)

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah menyebutkan salah satu makna Al-Kalim al-Thayyib adalah doa. Lalu kata Mujahid bahwa amal shalih mengangkat perkataan baik (di antaranya doa).

Di Tasir Al-Durr al-Manstur milik Imam al-Suyuthi dinukil riwayat dari Mathar Radhiyallahu ‘Anhu tentang makna Al-Kalim al-Thayyib, beliau berkata: doa. (HR. Ibnu Abi Hatim)

Dinukil dari perkataan Al—Hasan al-Bashri Rahimahullah, bahwa amal shalih mengangkat perkataan yang baik kepada Allah. Perkataan sangat bergantung kepada amal, jika sesuai maka diangkat kepada Allah, jika tidak maka tertolak.

Ringkasnya, amal shalih akan mengangkat perkataan baik kepada Allah, salah satu perkataan baik itu adalah doa.

Di antara bentuk amal shalih ini adalah shalat, sedekah, membantu orang, mencukupkan kebutuhan orang kekurangan, menggugurkan hutang orang kesusahan, membaca Al-Qur’an, birrul walidain, menjauhi maksiat di depan mata, dan semisalnya.

Jika seseorang mengerjakan amal-amal shalih ini sebelum berdoa, maka doa yang dipanjatkan kepada Allah akan lebih besar harapan dikabulkan. Wallahu A’lam. [AM/madanitv.net]

output_0fyRz3
0 Likes
846 Views

You may also like

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.