output_0fyRz3

    3-unsur-kesuksesan-pondok-modern-gontor2-www.madanitv.net

    TANGERANG, BANTEN (madanitv.net) – Keislaman, keilmuan, dan kemasyarakat menjadi 3 unsur kekuatan Pesantren Modern Darussalam, Gontor, Ponorogo sehingga para alumninya dibutuhkan dan bisa berperan di segala bidang.

    “Mengumpulkan tiga unsur sehingga musta’mal fi kulli makan (dipakai di semua tempat),” tutur Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDS), KH Hasan Abdullah Sahal dalam Silaturahim Nasional Kiai/Pimpinan Pesantren Alumni Gontor di Siti Hotel, Tangerang, Jum’at (22/01/2016)

    Kiai yang humoris ini mengaku pernah mendengar sulit Indonesia tidak memakai alumni Gontor. Buktinya pemerintah Jokowi juga tetap memakai alumni Gontor menduduki kursi di pemerintahan, di antaranya menteri agama dan wakil menteri luar negeri.

    Bahkan beliau menegaskan, warna- warni Indonesia sangat dipengaruhi bagaimana dan dimana alumni Gontor.

    Menurut Kiai yang berusia 68 tahun ini, menasihatkan kepad para alumni yang mendirikan pesantren agar tidak meninggakan tiga unsur ini. Beliau menegaskan, jika pesantren tidak ada keislamanan, atau keilmuan, atau kemasyarakatan maka omong kosong.

    “Pesantren berdiri dari pertama sebagai anti penjajah, mengusir penjajah, dan menjadi benteng pengaruh penjajah” tambahnya.

    Pesantren alumni Gontor juga harus siap menghadapi ghazwul fikri (perang pemikiran) yang dilancarkan musuh-musuh Islam untuk merusak pemikiran umat.

    Silaturahim pimpinan pesantren alumni PMDS ini dalam rangka kesyukuran 90 tahun (1926-2016) yang didirikan KH. Ahmad Sahal, KH Zainuddin Fananie, dan KH Imam Zarkasy yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti.

    “Kita bersyukur, sejak 1926 Gontor berkesempatan berjuang mendidik anak-anak Indonesia, dan sejak 1945 hingga sekarang Gontor terus berkontribusi dalam membangun SDM Indonesia”, ungkap Dr. Sofwan Manaf, Ketua Pelaksana Forum Pesantren Alumni Gontor, di Jakarta (19/01/2015).

    Menurut Sofwan Manaf, selain mempererat silaturrahmi, silatnas ini juga dalam rangka meningkatkan tata asuh dan tata kelola masing-masing pondok pesantren. Apa yang baik dari sebuah pesantren, bisa lebih baik diterapkan di pesantren lain. [AM/madanitv.net]

    output_0fyRz3

    1 Response Comment

    • DadanJuni 27, 2018 at 6:18 pm

      Alhamdulillah sukses mudah-mudahan; salam sejahtera masyaalloh

      Balas

    Leave A Comment

    Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.