output_0fyRz3

    DESKRIPSI VIDEO

    Makna Auliya’ –jama’ dari Wali- tidak hanya pemimpin saja. Namun dalam ayat ini makna paling tepatnya adalah pemimpin. Sebabnya, karena ayat sebelumnya berbicara tentang hukum dan sistem. Yaitu berbicara tentang hukum Allah dan hukum jahiliyah. Makna pemimpin memiliki korelasi paling kuat anatara ayat ini dengan sebelumnya; karena yang mengurusi hukum adalah pemimpin.

    Sebab kedua, lebih definitif kalau diartikan pemimpin. Kalau dibawa ke makna teman setia dan penolong maka semua orang yang menemani kita dan menolong kita bisa disebut wali. Ini kurang pas.

    Asal kata wali adalah mencintai dan menolong. Orang tua sebagai wali karena ia sangat mencintai dan menolong anak-anaknya. Pemimpin disebut sebagai wali, karena sejatinya pemimpin itu sangat mencintai rakyatnya dan suka menolong mereka. Jika ada pemimpin tidak sayang ke rakyatnya dan tidak berpihak ke mereka; bahkan lebih mementingkan orang-orang luar maka telah batal kepemimpinannya.

    Simak penjelasan Ustadz Syariful Mahya Lubis di Kajian Tafsir QS. Al-Maidah: 51 dari studio Madnaitv.net. dapatkan segudang pelajaran dan faidahnya. [PurWD/voa-islam.com]

    output_0fyRz3

    Leave A Comment

    Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.